Seleksi beasiswa Maesa Homestay Program telah memasuki tahap seleksi administrasi. Kemarin 11-12 April 2019 adalah pelaksanaan proses seleksi administrasi tersebut. Pada hari pertama, seleksi ditekankan pada kelengkapan berkas administrasi sedangkan hari kedua seleksi ditekankan pada pandangan atau impian yang telah peserta tuliskan.

Setelah 20 hari periode pendaftaran, terdapat lebih dari 400 peserta yang mendaftar beasiswa Maesa Homestay Program. Ketua Maesa Foundation bapak Bobby Wibowo mengatakan bahwa angka tersebut sudah cukup bagus mengingat cukup singkatnya periode pendaftaran dan publikasi pengumuman. Dari total pendaftar tersebut hanya 10 besar dari masing-masing wilayah yaitu Kab. Ponorogo, Kab. Madiun, kota Madiun, serta internal Maesa Group yang akan lolos ke tahap seleksi interview.

“Kami memahami betul bahwa tahun ini program kami tidak hanya diikuti oleh internal Maesa Group. Sehingga sesuai dengan arahan ketua Maesa Foundation bapak Bobby Wibowo, kami memutuskan untuk melibatkan pihak eksternal sebagai panelis dalam proses seleksi kali ini, Kata Nanang K.Z.A ketua panitia Maesa Homestay Program 2019”. Hal ini merupakan upaya untuk menghasilkan keputusan yang objektif dan mendapatkan peserta yang lebih kompeten sesuai yang diharapkan. Dalam menentukan panelis seleksi administrasi kali ini, Maesa Foundation bekerjasama dengan paguyuban kakang mbakyu Madiun, kakang senduk Ponorogo, serta terdapat tambahan dari internal Maesa Group. Seleksi administrasi berjalan dengan baik dan lancer serta diakhiri dengan dilakukannya tanda tangan berita acara oleh seluruh panelis, penanggung jawab seleksi, serta ketua panitia penyelenggara.